Thursday, February 23, 2017

Profil Kim Tae Yeon

Kim Tae Yeon (김태연) atau lebih dikenal dengan nama Taeyeon adalah salah satu penyanyi terbaik asal Korea Selatan dan dia juga tergabung dalam grup k-pop papan atas, Girls’ Generation yang merupakan bentukan dari SM Entertainment.  Dia diketahui berbakat dalam menyanyi saat usianya 13 tahun. Kemudian dia diterima menjadi trainee di Akademi Starlight (sekarang Akademi SM). Selama setahun, pada setiap minggu Taeyeon pulang pergi dari Jeonju-Seoul untuk berlatih vokal. Pada tahun 2004, ia menjadi juara pertama dalam kontes terbaik SM Entertainment ke-8. Sejak saat itulah ia resmi menandatangani kontrak dan bergabung dengan SM Entertainment. Dia dipesiapkan selama 3 tahun untuk debut bersama Girls’ Generation (SNSD) pada tahun 2007. Selain tergabung dalam SNSD, ia juga tergabung dalam grup proyek Girls’ Generation-TTS dan SM The Ballad.

Kim Tae Yeon (김태연)
Taeyeon 'My Voice'
Pada bulan Juni 2014. Taeyeon tertangkap oleh kamera paparzi dari Dispatch sedang berkencan dengan Baekhyun EXO didalam sebuah mobil. Dihari yang sama pula, SM Entertainment mengeluarkan pernyataan resmi bahwa mereka sudah berpacaran sekitar 4 bulan. Namun hubungan tersebut berakhir pada bulan September 2015 karena kesibukan masing-masing.

 Sejak debut bersama SNSD pada tahun 2007, Taeyeon akhirnya resmi debut sebagai solois pada tanggal 7 Oktober 2015 dengan album mini perdana berjudul ‘I’. Taeyeon mempromosikan lagu debutnya “I” di panggung Mnet M!Countdown  pada 8 Oktober. Di lagu aslinya, Taeyeon berkolaborasi dengan Verbal Jint. Namun saat tampil langsung, Verbal Jint digantikan oleh Kanto. Lagu debutnya “I” berhasil meraih triple crown di Music Bank dan M!Countdown, puncaknya ia menang di MAMA 2015 dan Golden Disk Award 2016 untuk kategori “Best Female Artist”.

Pada tanggal 3 Februari 2016, Taeyeon merilis sebuah single terbarunya berjudul “Rain”. Single tersebut mendominasi di berbagai tangga lagu musik Korea dan terjual lebih dari 1 juta copy di Gaon Digital Chart. Kemudian pada bulan Juni 2016, Taeyeon comeback dengan album mini keduanya berjudul ‘Way’. Masih ditahun yang sama, Taeyeon kembali merilis single “11:11” pada 1 November 2016.

Pada awal tahun 2017, Taeyeon diketahui akan segera comeback. Single pre-riilisnya “I Got Love” akhirnya diluncurkan pada 18 Februari. Sementara untuk full albumnya ‘My Voice’ baru diluncurkan pada 28 Februari 2017 dengan lagu andalanya “Fine”.

Profil dan Fakta Taeyeon

Kim Tae Yeon (김태연)

Nama Asli : Kim Tae Yeon (김태연)
Nama Pangung : Taeyeon (태연)
Nickname : Tae-Tae, Umma, Ajumma, Kid Leader, Taeng, Tete, Taengoo
Tanggal Lahir : 9 Maret 1989
Tinggi : 158 cm
Berat : 45 kg
Tipe Darah : O
Agama : Katolik
Posisi di Girls’ Generation : Leader, Main Vocal
Nama fansclub : Taeganger
Agensi : SM Entertainment
Sub-unit : Girls’ Generation TTS
Grup Proyek : S.M. The Ballad
Instagram : @taeyeon_ss

Fakta Taeyeon :
  1. Taeyeon berasal dari Jeonju, Jeolla Utara, Korea Selatan
  2. Pendidikan: Jeonju Art High School
  3. Dia mempunyai satu kakak (Kim Ji Woong) dan satu adik (Kim Ha Yon)
  4. Bahasa: Korea (fasih), Inggris da Jepang (sedang)
  5. Taeyeon sudah diterima oleh SM Entertainment sejak masih SMP
  6. Total menjalani trainee selama 4 tahun 3 bulan sebelum debut dengan SNSD
  7. Teman terbaiknya di SM Entertainment adalah Kim Hee Chul, Sunny dan Tiffany
  8. Dia tergabung dalam sub-unit Girls’ Generation-TTS
  9. Angka favorit: 9
  10. Hobi: bermain gitar, menyanyi, melukis, menulis, mengecat kuku
  11. Instrument: gitar
  12. Taeyeon sering kali mengisi soundtrack sebuah drama, makanya ia mendapat julukan “Ratu OST”
  13. Hobinya bernyanyi, melukis dan bermain gitar
  14. Ia dan Baekhyun EXO dikonfirmasi menjalin hubungan pada bulan Februari 2014. Namun, di bulan September 2015 mereka sudah putus.
  15. Dia merupakan member pertama SNSD yang debut solo
  16. Taeyon debut solo pada tanggal 7 Oktober 2015 dengan album mini ‘I’
  17. Video musik ‘I’ ditonton lebih dari 100 juta kali di Youtube
  18. Dia adalah idol wanita pertama dari Korea yang memiliki pengikut 7 juta di Instagram
  19. Sampai awal tahun 2017, Taeyeon memiliki 8 juta pengikut di akun instagramnya
  20. Dia tinggal disebuah apartemen mewah bersama dengan Tiffany, Sunny, dan Hyoyeon
  21. Dia muncul dalam videoklip milik Lee Bul “Forever” dan Amber “Shake That Brass”
  22. Saat comeback dengan lagu “Rain”, Taeyeon mengaku rambutnya dipotong pendek bukan karena rusak. Lantaran sebelumnya ia mewarnainya rambutnya sendiri dan hasilnya aneh, sehingga ia terpaksa memotongnya
  23. Taeyeon merupakan artis wanita pertama yang meraih “Best Female Artist” 2 tahun berturut-turut di MAMA (tahun 2015 dan 2016)
  24. Taeyeon pernah memberikan hadiah ulang tahun berupa kalung dari brand ‘LOQUET’ kepada Tiffany saat ulang tahun ke 27 seharga 42 juta rupiah
  25. Banyak idol kpop yang memilih Taeyeon sebagai role model, seperti Jiae (Lovelyz), Chahee (Melody Day), Luda (WJSN), Elkie (CLC), High.D (SONAMOO) dan Baek A Yeon

Diskografi







Video Musik

Tahun Judul MV (Music Video)
2015 "I"
2016 "Rain"
"The Blue Night of Jeju Island"
"Starlight (feat. DEAN)"
"Why"
"11:11"
2017 "I Got Love"
"Fine"