Friday, October 6, 2017

Profil, Biodata, Fakta TVXQ (DBSK)

TVXQ (东方神起; Tong Vfeng Xien Qi) atau DBSK (동방신기; Dong Bang Shin Ki) atau THSK (東方神起; Tohoshinki) adalah boy grup bentukan SM Entertainment yang awalnya beranggotakan 5 orang. Namun sejak tahun 2011, TVXQ hanya tersisa 2 anggota saja yaitu Yunho dan Changmin.  Sementara Jaejoong, Yoochun dan Junsu membentuk grup baru bernama JYJ dan debut pada tahun 2010.

TVXQ - Rise As God (2015)

TVXQ memulai debutnya pada tanggal 26 Desember 2003 dengan tampil membawakan lagu “Hug” dan “O Holy Night” di showcase BoA dan Britney Spears. Namun lagu tersebut baru resmi dirilis pada tanggal 14 Januari 2004. Mendapat sambutan baik, mereka mengeluarkan single kedua bertajuk “the Way You Are” yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2004. Masih ditahun yang sama, TVXQ meluncurkan full album perdana baertajuk ‘Tri-Angle’ yang dirilis pada bulan Oktober. Album tersebut berhasil masuk top 10 sebagai penjualan album terbaik pada tahun 2004.

Terinspirasi dengan kesuksesan BoA yang debut di Jepang, SM Entertainment mempersiapkan TVXQ untuk debut disana. Anggota TVXQ memulai belajar bahasa Jepang dan kemudian pergi ke Jepang untuk melakukan rekaman disana. Di Jepang, TVXQ dikenal dengan nama “Tohoshinki” dan resmi debut pada tanggal 27 April 2005 dengan single perdana berjudul “Stay with Me Tonight”. Selesai promosi di Jepang, TVXQ kembali ke Korea untuk mempersiapkan comeback disana. Mereka kahirnya meluncurkan album kedua mereka bertajuk ‘Rising Sun’. Album tersebut berisikan total 12 buah lagu dan resmi dirilis pada tanggal 12 September 2005.

Di awal tahun 2006, TVXQ kembali fokus dengan pangsa pasar Jepang. Merekapun meluncurkan album perdana di Jepang dengan judul ‘heart, Mind and Soul’ yang dirilis pada bulan Maret 2006. Tak hanya itusaja, mereka juga menggelar tur di Jepang dan merilis 2 single baru disana. Pada tanggal 29 September, TVXQ merilis album ketiganya berjudul "O"-Jung.Ban.Hap. Album tersebut berhasil meraih posisi puncak di chart Korea dan menjadi album terbaik pada tahun 2006 meski satu bulan setelah dirilis.

TVXQ semakin sukses setalah mengeluarkan album ‘Mirotic’ pada 26 September 2008. Lead single di album tersebut yang memilki judul yang sama, sangat sukses dipasaran. Lagu “Mirotic” menjadi single tersukses yang pernah mereka rilis. Mereka mendapatkan 9 trofi di berbagai program musik mingguan. Sementara albumnya berhasil terjual lebih dari 110 ribu copy hanya dalam waktu satu minggu.

Dipuncak karir, TVXQ malah mengalami masalah yang cukup pelik. 3 anggotanya yaitu Jaejoong, Yoochun dan Junsu mempotes SM Entertainment karena masalah kontrak. Mereka berpendapat kontrak selam 13 tahun dengan SM sangatlah lama. Ditambah jadwal yang sering tiba-tiba dan pembagian keuntungan tidak diberikan sewajarnya.  Mereka bertigapuapun resmi mengajukan gugatan terhadap SM entertainment pada bulan Novemeber 2009 di pengadilan pusat Seoul sehingga mengakibatkan kegiatan grup di Korea dihentikan sementara. Sementara untuk kegiatan di Jepang, tetap berjalan meski hanya sampai awal tahun 2010 saja. Mereka pertamakali terakhir tampil bersama pada tanggal 31 Desember 2009 di NHK Kohaku Uta Gassen menampilkan lagu “Stand by U”. Pada bulan April 2010, Avex Group mengumumkan bahwa TVXQ telah dbentuk unit khusu yang terdiri dari Jaejoong Yoochun dan Junsu yang kemudian dikenal dengan nama JYJ sehingga menyebabkan Yunho dan Cangmin hiatus sementara di dunia musik. Setelah pengumuman tersebut, SM Entertainment menggugat balik JYJ dengan meminta kompesasi kontrak. Pada bulan Juni, giliran JYJ mengajukan gugatan untuk memutuskan kontrak eksklusif dengan SM Entertainment. Setelah beberapa bulan tida ada kegiatan apapun, Yunho dan Changmin tampil di konser SMTown Live ’10 World Tour’ di Seoul, dimana mereka menampilkan lagu-lagu lama TVXQ yang drekam ulang. Keputusan tersebut, didukung oleh penonton yang menghargai keputusan Yunho dan Changmin untuk melanjutkan kegiatan TVXQ tanpa tiga anggota lainya.

Pada tanggal 5 Januari 2011, Yunho dan Changmin merilis album comeback TVXQ berjudul Keep Your Head Down. Album tesebut tersbut berhasil meraih posisi 1 di gaon chart selama 2 minggu. Untuk album keenamnya  ‘Catch Me’ dirilis pada tanggal 24 September 2012.sementara untuk album ketujuh mereka ‘Tense’ resmi diluncurkan ke publik pada tanggal 6 Januari 2014.

Pada pertengahan tahun 2015, TVXQ meluncurkan album spesial bertajuk ‘Rise as God’. Dalam album tersebut, kedua anggotanya memilki track solo masing-masing. Changmin dengan lagu “Rise as One” dan Yunho dengan lagu “Champagne”. Setelah peluncuran album tersebut, TVXQ hiatus untuk sementara lantaran dua anggotanya menjalani kegiatan wajib militer. Yunho memulai kegiatan wajib militernya pada tanggal 21 Juli 2015. Sedangkan Changmin baru tanggal 19 November 2015.

Nama Grup : TVXQ (DBSK)
Label :
  • SM Entertainment (Korea)
  • Avex Group (Jepang)
Jumlah Anggota : 2
Mantan Anggota : 3
Debut : 26 Desember 2003
Lagu Debut : Hug
Fanclub : Cassiopeia (Korea) & Bigeast (Jepang)
Warna : Merah
Link :

U-Know

U-Know Yunho (유노윤호)

Nama Asli : Jung Yun Ho (정윤호)
Nama Panggung : U-Know Yunho (유노윤호) / U-Know
Tanggal Lahir : 6 Februari 1986
Tempat Lahir : Gwangsan, Gwangju, Korea Selatan
Posisi : Leader, Lead Vocal, Main Rapper, Main Dancer
Tinggi : 187 cm
Berat : 70 kg
Tipe Darah : A
Zodiak : Aquarius

Fakta U-know :
  1. U-know lahir dan dibesarkan di Gwangsan, Gwangju, Korea Selatan
  2. Dia memilki satu adik perempuan
  3. Agamanya adalah Kristen
  4. Yunho memulai menjalani trainee di SM Entertainment sejak tahun 2001
  5. Ketika masih kecil, mimpinya adalah menjadi jaksa
  6. Keluarganya sempat mengalami masalah keuangan karena terjadi krisis di tahun 1997
  7. Ketika menjalani pelatihan di Seoul, U-Know mengambil pekerjaan paruh waktu seperti membersihkan salju di pagi hari dan menjadi pelayan di malam hari
  8. U-Know pernah mengalami masalah pada tenggorokanya ketika ia masih menjalani pelatihan dan ia harus menjalani operasi karena berpengaruh pada pita suaranya. Sempat kehilangan suaranya, ia sempat berfikir untuk melepaskan mimpinya untuk debut sebagai penyanyi
  9. Pada usia 15 tahun, Yunho tampil sebagai rapper dan penari cadangan di single debut Dana – Diamond dan melakukan tur singkat denganya
  10. Tahun 2002, ia juga menjadi penari cadangan untuk boy grup legendaries Shinhwa
  11. Nama panggungnya “U-Know” merupakan nickname yang ia gunakan sejak masih SMA
  12. Dia memulai debut sebagai aktor pada tahun 2009 lewat drama komedi romantis Hading to the Ground
  13. Pendidikan: Myongji University, Chungwoon University
  14. Yunho menjalani kegiatan wajib militernya pada bulan Juli 2015 dan selesai menjalani wamil pada bulan April 2017
  15. U-Know debut solo pada tanggal 8 Juli 2015 dengan mengeluarkan album mini pertama U Know Y. namun debut solonya di Jepang
  16. Artis favorit: The Gospeliers, MISIA, Nakashima Mika, Michael Jackson (yang juga menjadi salah satu inpirasi menjadi penyanyi)
  17. Dia mengaku menjadi penggemar Eugene (S.E.S)
  18. Dia bisa Taekwondo dan Hapkido
  19. U-Know fasih bahasa Jepang
  20. Dia sangat dekat dengan Joo Won, UEE, Heechul dan Donghae Super Junior

Changmin

Max Changmin (최강창민)

Nama Asli : Shim Chang Min (심창민)
Nama Panggung : Max Changmin (최강창민) / Max / Changmin
Tanggal Lahir : 18 Februari 1988
Tempat Lahir : Seoul, Korea Selatan
Posisi : Maknae, Main Vocal
Tinggi : 185 cm
Berat : 61 kg
Tipe Darah : B
Zodiak : Aquarius

Fakta Changmin :
  1. Changmin lahir dan dibesarkan di Seoul
  2. Dia memilki 2 adik perempuan
  3. Kedua orang tuanya adalah seorang guru
  4. Agamanya adalah Budha
  5. Chamin di rekrut oleh talen SM Entertainment ketika usianya masih 14 tahun
  6. Dia adalah pemenang “S.M. 6th Annual Youth Competition” untuk kategori penyanyi dan artis terbaik. Sejak saat itu ia resmi bergabung dengan SM entertainment
  7. Dia debut solo di Jepang pada tanggal 18 November 2015 dengan mengeluarkan album mini pertama bertajuk ‘Close To You’
  8. Dia fasih bahasa Jepang
  9. Changmin debut sebagai aktor pada tahun 2005 lewat mini series berjudul Banjun Drama
  10. Pendidikan: Gaepo High School, Kyung Hee University, Konkuk University
  11. Hobi: menyanyi, musik, game dan membaca
  12. Artis favorit: Kobukuro, MISIA
  13. Dia adalah member termuda di TVXQ
  14. Dia jago fotografi
  15. Dia adalah murid dari fotografer terkenal, Kim Young Joon
  16. Changmin menjalani wajib militer pada bulan November 2015 dan selesai wamil pada bulan Agustus 2017

Mantan Anggota:

Jaejoong

Kim Jae Joong (김재중)

Nama Lahir : Han Jae Joon (한재준)
Nama : Kim Jae Joong (김재중)
Tanggal Lahir : 26 Januari 1986
Tempat Lahir : Gongju, Chungcheongnam-do, Korea Selatan
Posisi : Lead Vocal, Visual, face of the Group
Tinggi : 180 cm
Berat : 63 kg
Tipe Darah : O
Zodiak : Aquarius

Yoochun

Park Yoo Chun (박유천)

Nama Asli : Park Yoo Chun (박유천)
Nama Lain : Micky Yoochun
Tanggal Lahir : 4 Juni 1986
Tempat Lahir : Seoul, Korea Selatan
Posisi : Main Rapper, Vocal
Tinggi : 180 cm
Berat : 62 kg
Tipe Darah : O
Zodiak : Gemini

Junsu

Kim Jun Su (김준수)

Nama Asli : Kim Jun Su (김준수)
Nama Lain : Xia Junsu
Tanggal Lahir : 15 Desember 1986
Tempat Lahir : Gyeonggi-do, Korea Selatan
Posisi : Main Vocal, Lead Dancer
Tinggi : 178 cm
Berat : 60 kg
Tipe Darah : B
Zodiak : Sagitarius

Diskografi









Video Musik

Tahun Judul MV (Music Video)
2004 Hug
The Way U Are
2005 Tonight
Rising Sun
Show Me Your Love
2006 Balloons
2008 Mirotic
Wrong Number
2011 Keep Your Head Down
Before U Go
2012 Catch Me
Humanoids
2014 Something
Spellbound

Bias kamu di TVXQ siapa chingu?