Monday, September 4, 2017

Profil HyunA

Kim Hyun Ah (김현아) atau lebih dikenal dengan nama HyunA (현아) adalah seorang penyanyi, penari, model  dan pencipta lagu asal Korea Selatan yang bernaung dibawah agensi CUBE Entertainment. Hyuna memulai karirnya sebagai penyanyi pada tahun 2007 dengan menjadi anggota girl grup Wonder Girls. Namun ia keluar dari Wonder Girls pada bulan Juli 2007 karena orang tuanya khawatir dengan kesehatan Hyuna, dan pada saat itu ia masih berumur 14 tahun ketika debut bersama Wonder Girls.

Setelah keluar dari Wonder Girls dan JYP Entertainment, Hyuna diketahui bergabung dengan CUBE Entertainment pada tahun 2008. Dia akhirnya debut kembali dengan menjadi anggota girl grup pertama bentukan CUBE bernama 4MINUTE. Grup barunya tersebut resmi debut pada tanggal 15 Juni 2015 dengan lagu “Hot Issue”. Pada tanggal 4 Januari 2010, Hyuna debut sebagai solois dengan mengeluarkan single perdana berjudul “Chance”. Singlenya tersebut laku keras dipasaran dengan terjual lebih dari 2 juta copy. Masih ditahun yang sama, Hyuna meluncurkan album mini petama bertajuk ‘Bubble Pop!’.

Pada bulan November 2011, Cube Entertainment mengungkapkan Hyuna akan menjadi anggota dari sub-unit bernama Trouble Maker dengan Hyunseung (ex-Beast). Trouble Maker sendiri debut pada tanggal 1 Desember 2011 dengan mengeluarkan album mini pertama bertajuk ‘Trouble Maker’.

 Pada pertengahan tahun 2012, Hyuna menjadi viral setelah tampil di video musik milik PSY “Gangnam Style”. Lagu milik PSY tersebut sangat booming di Korea bahkan Internasional. Disamping lagunya yang bagus, koreografinya juga unik. Video musiknya menjadi video k-pop yang paling banyak di tonton di Youtube. Sukses besar, PSY merilis “Gangnam Style” versi perempuan yang dinyanyikan oleh Hyuna dengan judul “Oppa Is Just My Style”. Setelah 2 tahun, akhirnya Hyuna meluncurkan album mini keduanya berjudul ‘Melting’ pada bulan Oktober 2012 dengan lagu andalanya “Ice Cream”.Album mini ketiga Hyuna bertajuk ‘A Talk’ dengan lead single “Red” dirilis pada bulan Juli 2014. Sedangkan album mini keempatnya ‘A+’ baru diluncurkan pada bulan Agustus 2015.

Pada tanggal 13 Juni 2016, Cube Entertainment mengumumkan bahwa 4Minute resmi dibubarkan karena kontrkanya dengan anggota 4Minute sudah habis. Setelah negosiasi panjang, hanya Hyuna saja yang mau memperpanjang kontraknya dengan CUBE Entertainment dan akan melanjutkan karir solonya. Tak butuh waktu lama, Hyuna akhirnya comeback dengan lagu “How’s This?” pada 1 Agustus, yang merupakan bagian dari album mini kelimanya.

Pada akhir bulan Maret 2017, CUBE Entertainment mengungkapkan Hyuna akan kembali menjadi bagian dari grup proyek baru dari CUBE bersama dengan Hui dan E’Dawn (PENTAGON). Nama grup tersebut adalah Tiple H yang diambil dari huruf depan masing-masing anggota (Hyuna, Hui dan Hyojong (E’Dawn)). Triple H debut pada tanggal 1 Mei 2017 dengan mengeluarkan album mini pertama berjudul ‘199X’. Kemudian pada bulan Agustus, ia merilis album mini keenamnya bertajuk ‘Following’ dengan lead singlenya “Babe”.

Hyuna (현아)

Nama Asli : Kim Hyun Ah (김현아)
Nama Panggung : Hyuna / Hyunah (현아)
Tanggal Lahir : 6 Juni 1992
Tempat Lahir : Seoul, Korea Selatan
Tinggi : 162 cm
Berat : 44 kg
Tipe Darah : O
Zodiak : Gemini
Agensi : CUBE Entertainment
Fanclub : A-ing

Fakta Hyuna :
  1. Hyuna lahir di Seoul
  2. Keluarga: orang tua, kakak laki-laki dan adik laki-laki
  3. Pendidikan: Choong Chun Middle Schhol, Korea High School of Music and Arts, Konkuk University School of Arts
  4. Hyuna merupakan mantan anggota Wonder Girls da 4Minute
  5. Ia debut dengan Wonder Girls tahun 2007
  6. Ia mundur dari Wonder Girls karena saat itu ada masalah dengan kesehatanya
  7. Bersama dengan Hyun Seung, Hyuna tergabung dalam sub-unit Trouble Maker
  8. Ia juga tergabung di sub-unit Dazzling RED bersama dengan Nicole ex-KARA, Hyosung Secret, Nana After School, Hyorin Sistar
  9. Nicknemae: Kim Force HyunA, Best Aegyeo, Hyunbak
  10. Hobi: memamasak, menari, mix and match baju, menonton film
  11. Warna favorit: merah
  12. Artis favorit: Beyonce, Rain, Lee hyori, The Pussycat Dolls
  13. Keahlian: rap, koreografi, poppin, street dance, menyanyi
  14. Dia menjalani pelatihan di JYP selama 2 tahun 5 bulan. Sedangkan di CUBE, ia menjalani pelatihan selama 1 tahun
  15. Hyuna punya tato bertuliskan “My mother is the heart, that keeps me alive”
  16. Ia juga mengungkapkan bahwa ia menambah tato lagi bertulisan “Tempus” di bagian lengan kananya
  17. Hyuna mengawali debut solo dengan single “Change” pada tanggal 4 Januari 2010
  18. Ia menjadi model utama di MV PSY “Gangnam Style” tahun 2012
  19. Hyuna punya brand baju sendiri bernama “HyunAxSpicy Color”
  20. Hyuna satu-satunya member yang belum peranh main drama atau drama web. Ia hanya pernah menjadi cameo di film Midnight FM tahun 2010 lalu
  21. Hyuna merupakan member yang paling banyak meraih penghargaan di grup karena aktifitas solo maupun bersama 4Minute
  22. Dia adalah penggemar The Simpsons
  23. Hyuna merupakan artis solo k-pop pertama yang memilki dua video musik yang ditonton lebih dari 100 juta kali di Youtube. Bubble Pop melebihi 100 juta pada tahun 2015 dan Ice Cream pada tahun 2017
  24. Lagu Bubble Pop milik Hyuna terpilih menjadi salah satu daftar lagu di pemainan “Just Dance 2018”
  25. Lagu “Hobgoblin” milik CLC meupakan ciptaan dari Hyuna

Link :


Diskografi





Video Musik

Tahun Judul MV (Music Video)
2010 Chance
Bubble Pop
2012 Oppa is Just My Style
Ice Cream
2013 My Color
2014 Red
2015 Roll Deep (feat. Jung Ilhoon)
Run & Run
2016 How’s This
Morning Glory (feat. Qim Isle)
2017 Babe

1 komentar:

1 komentar

Btw HyunA udh dikeluarin dri Cube Ent